web statistics Bikin Passport Indonesia Sendiri Tanpa Calo | Mabok Traveling
Traveling

Bikin Passport Indonesia Sendiri Tanpa Calo

Bikin Passport Indonesia Sendiri Tanpa Calo

Sebatas berbagi pengalaman buat passport dengan cara on-line serta manual, siapa tau berguna.

Cara Online

  1. Scan semuanya dokumen pendukung untuk pendaftaran passport seperti : KTP, KK, Akte Lahir, Ijazah, Surat Nikah serta Surat Referensi dari kantor. Janganlah lupa disimpan dengan format JPG hitam putih dengan ukuran optimal 300kb.
  2. Kemudian buat surat permintaan pembuatan passport dengan cara on-line dengan alamat websitenya yaitu http :// www. imigrasi. go. id/lalu masuk ke menu ” Service Umum ” – ” Service On-line ” – ” Service Passport On-line “. Atau di http :// ipass. imigrasi. go. id : 8080/xpasinet/. Surat permintaan ini di buat minimum sehari sebelumnya ke kantor imigrasi.
  3. Sesudah semuanya formulir on-line di isi bikin Sinyal Terima Pra Permintaan.
  4. Datang ke kantor imigrasi dengan membawa Sinyal Terima Pra Permintaan tadi dan semua dokumen asli serta photo copynya seperti : KTP, KK, Akte Lahir, Ijazah, Surat Nikah serta Surat Referensi dari kantor.
  5. Beli formulir pendaftaran passport baru. Klo diimigrasi Jakarta Utara formulir ini di jual di foto copy samping kantor imigrasi, harga nya Rp. 13. 000, -.
  6. Antri di bagian pembuatan passport baru. Agar cepat, sembari antri isi semua data diformulir yang baru dibeli tadi.
  7. Daftar di bagian info
  8. Tunggulah nama di panggil untuk verifikasi data.
  9. Verifikasi data, di sini bakal disuruh formulir pendaftaran passport, dokumen asli serta fotocopy KTP, KK, Akte Lahir, Ijazah, Surat Nikah serta Surat Referensi dari kantor. Janganlah lupa tunjukkan bukti Sinyal Terima Pra Permintaan yang sudah di buat dengan cara on-line tadi.
  10. Jika data telah OK agan bakal disuruh memfoto copy formulir yang telah diverifikasi serta menyerahkannya kembali kepetugas imigrasi.
  11. Lalu bakal disuruh antri kebagian kasir untuk lakukan pembayaran. Untuk passport dengan 48 halaman harga nya yaitu Rp. 255. 000, -.
  12. Sesudah lakukan pembayaran bakal diminta antri lagi untuk memperoleh bukti pembayaran serta nomer antri photo serta wawancara.
  13. Step selanjutnya yaitu photo serta wawancara. Klo wawancara OK, artinya passpor anda telah di setujui. Anda bakal disuruh sinyal tangan di passpor agan. Kemudian petugas bakal memohon untuk datang 4 hari kerja lalu untuk mengambil passport (Sabtu, Minggu serta hari libur nasional tak dihitung) .
  14. H+4 agan datang di atas jam satu (ingat di atas jam 1). Segera kebagian pengambilan passpor dengan memberikan bukti pembayaran.
  15. Klo telah jadi anda disuruh memfoto copy halaman pertama serta paling akhir passport anda serta menyerahkannya pada petugas.
  16. Passport telah jadi deh.

Bikin Passport Indonesia Sendiri Tanpa Calo

Cara Offline (Datang Langsung)

Sesungguhnya nyaris sama namun bedanya agan tak perlu lakukan step 1-3. Serta bedanya lagi sesudah lakukan verifikasi data agan cuma bakal di beri surat bukti pendaftaran serta agan bakal disuruh datang 4 hari lalu untuk lakukan photo serta wawancara. Empat hari lalu agan datang lagi ke kantor imigrasi untuk lakukan step 11 s/d usai. Dasarnya bedanya agan tidak bisa lakukan sistem photo serta wawancara dihari yang sama. jadi dengan cara saat anda rugi 4 hari di banding dengan yang buat dengan cara on-line.

Panduan :

  • Datanglah sepagi mungkin saja ke kantor imigrasi. Meskipun kantor buka jam 8 namun yang antri telah banyak.
  • Bawa bekal makanan/minuman takut kelaparan/kehausan waktu antri.
  • Bawa duit seperlunya
  • Buat passpor tanggal tua, soalnya klo tanggal tua yang buat dikit.
  • Gunakanlah baju yang berkerah serta bukanlah bewarna putih.
  • Untuk yang memakai jilbab janganlah memakai jilbab putih.
  • SAY NO TO CALO.

You Might Also Like