web statistics 8 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Busan, Korea | Mabok Traveling
Traveling

8 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Busan, Korea

8 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Busan, Korea

Busan adalah kota metropolitan paling besar ke-2 di Korea Selatan sesudah Seoul. Dengan cara geografis, Busan terdapat di lokasi pantai tenggara Korea, di pinggir Sungai Nakdong, sungai terpanjang di Korea yang bermuara di Selat Korea. Jumlah masyarakat kota ini sekitaran 3, 5 juta jiwa pada tahun 2014. Lokasi Busan berbarengan dengan Ulsan serta Propinsi Gyeongsangnam-do, adalah ruang industri paling besar di Korea yang di kenal dengan nama “The Southeast Economic Zone”. Busan juga adalah kota pelabuhan paling besar serta mempunyai pantai terpanjang di semua Korea. Satu diantara perguruan tinggi paling baik di Korea, Pusan National University (PNU), terdapat di kota ini. Dari kota-kota besar di Asia, Busan dapat diraih dengan pesawat hawa lewat bandara Gimhae International Airport (PUS).

Berikut 8 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Busan, Korea :

1. Taejongdae

8 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Busan, Korea

Taejongdae adalah satu taman alami yang terdapat di ujung selatan Pulau Yeongdo, Busan. Yeongdo sendiri adalah satu pulau kecil yang terdapat di lokasi selatan Busan, serta termasuk juga dalam distrik Yeongdo-gu. Nama taman ini di ambil dari nama Raja Taejong Mu-Yeol, raja ke-29 di Kerajaan Silla, yang kerap berkunjung ke tempat ini. Tidak sama dengan taman-taman kota pada umunya, Taejongdae mempunyai pemandangan yang unik, lantaran letaknya di satu tebing yang menghadap ke laut terlepas. Taman ini didominasi oleh pohon-pohon hijau, dan diperlengkapi dengan beragam sarana untuk beberapa wisatawan seperti observatorium, taman bermain, mercusuar, serta dermaga untuk kapal pesiar.

Bisa dicontoh nih Itinerary Lengkap ke Korea 7 Hari 6 Malam

2. Pantai Gwangalli

8 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Busan, Korea

Pantai Gwangalli (Gwangalli Beach) adalah pantai berpasir yang terdapat di lokasi Suyeong-gu, Busan, pas di samping barat Pantai Haeundae. Pantai ini terdapat di satu teluk kecil di mana Jembatan Gwangan (Gwangandaegyo Bridge) terdapat. Pantai Gwangalli mempunyai panjang sekitaran 1, 4 km serta lebar dari mulai 25 sampai 110 mtr.. Pantai ini mempunyai pasir yang berwarna coklat keabuan dan air laut yang jernih, hingga kerap dikunjungi untuk mereka yang menginginkan memancing. Di sekitaran pantai juga ada beragam sarana untuk beberapa wisatawan seperti restoran, café, serta hotel. Sebagian tempat wisata yang terdapat tak jauh dari pantai ini diantaranya Millak Waterfront Park, Suyeong Sajeok Park, serta Dongbaekseom Island.

3. Haedong Yonggungsa

8 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Busan, Korea

Haedong Yonggungsa adalah satu kuil Budha yang terdapat di lokasi Gijang-gun, Busan. Kuil ini pertama kalinya di bangun pada tahun 1376 oleh seseorang guru yang di kenal dengan nama Naong, yang hidup pada saat Dinasti Goryeo. Kompleks kuil ini di bangun diatas ruang yang begitu luas diatas tebing di pinggir laut. Lantaran tempatnya yang unik berikut, Haedong Yonggungsa jadi satu diantara kuil Budha yang popular dikunjungi di kelompok wisatawan. Diluar itu, tempat kuil ini dapat relatif dekat dengan Pantai Haeundae yang terdapat di lokasi timur Busan. Ketika festival perayaaan lagi tahun Budha, kuil ini bakal dihiasi dengan bermacam jenis lampion kertas.

4. Pantai Haeundae

8 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Busan, Korea

Terkecuali Pantai Gwangalli, pantai setelah itu yang juga tak kalah popular di Busan yaitu Pantai Haeundae (Haeundae Beach). Pantai berpasir sepajang 12 km ini cuma berjarak sekitaran 40 menit dari stasiun kereta paling utama di pusat kota Busan. Diluar itu, dari Gimhae International Airport, pantai ini dapat juga diraih cuma kurun waktu kurang dari 1 jam. Lantaran letaknya yang cukup dekat dengan pusat kota, Pantai Haeundae senantiasa ramai dikunjungi tiap-tiap tahunnya. Di ujung selatan pantai ada satu pulau yang dimaksud Dongbaekseom (Dongbaek Island). Pulau itu begitu popular untuk wisatawan yang suka memancing ikan.

Baca rekomendasi makan korea: Banyaknya Pilihan Makanan Halal di Korea Selatan

5. Beomeosa

Beomeosa adalah satu kuil Budha yang terdapat di Cheongnyong-dong, Geomjeong-gu, Busan. Kuil ini pertama kalinya di bangun pada sekitaran tahun 678 Masehi di lereng Gunung Geumjeong (Geumjeongsan), satu ruang yang populer dengan kuil-kuil Budha. Nama Beomeosa bermakna kuil ikan nirwana. Kuil ini dapat adalah kuil paling utama punya Sekte Jogye, satu diantara sekte dalam agama Budha di Korea. Gunung Geumjeong sendiri mempunyai ketinggian 801 mtr. serta terdapat diantara Busan serta Yangsan. Bagian-bagian paling utama kuil ini yang kerap dikunjungi oleh wisatawan diantaranya satu pagoda berlantai tiga, Daeungjeon (hall paling utama), Ijumun (grebang pertama), dan dua Pagoda Wonhyoam.

6. Yongdusan Park

Yongdusan Park adalah taman kota yang terdapat di lokasi Jung-gu, Busan. Di ruang taman ini ada Busan Tower setinggi 118 mtr. yang juga adalah landmark paling utama di kota ini. Taman ini mempunyai luas sekitaran 6, 9 hektar serta ditanami dengan sekitaran 70 spesies tumbuhan. Dalam Bahsa Korea, nama Yongdusan sendiri bermakna „gunung kepala naga“. Nama itu dipakai untuk melukiskan tempat taman ini yang terdapat di pegunungan, yang mirip kepala naga. Terkecuali Busan Tower, sebagian landmark yang ada di taman ini diantaranya Patung Jenderal Yi Sun Sin, Palgakjeong (Octagonal Pavilion), Cheongdongyotap, satu flower clock, serta Museum World Folk Instrument.

7. Gukje Market

Gukje Market yaitu satu pasar tradisional yang terdapat di lokasi Jung-gu, Busan. Dalam Bhs Korea, ” gukje ” bermakna ” pasar tradisional “. Pasar ini pertama kalinya di bangun pada tahun 1948 oleh warga Korea yang melarikan diri ke Busan ketika terjadinya Perang Korea. Di ruang ini, warga lalu bangun rumah sekalian tempat berdagang, yang setelah itu jadi Gukje Market. Pasar ini adalah pasar tradisonal paling besar di Busan, dan senantiasa ramai dikunjungi sehari-hari. Komoditas yang diperjualbelikan mencakup baju, makanan, perabotan rumah tangga, dan barang elektronik. Di samping pasar ini dapat ada Bupyeong Market, Kkangtong Market, dan sebagian pasar kecil yang lain. Gukje Market di buka sehari-hari mulai jam 9 pagi sampai 8 malam.

8. Oryukdo Island

Oryukdo Island yaitu gugusan pulau-pulau kecil yang terdapat lokasi Nam-gu, pantai selatan Busan. Jumlah pulau di gugusan ini pada 5 sampai 6 pulau, bergantung gunakan surut air laut. Nama pulau ini datang dari 2 kata yakni “o” yang bermakna “lima” serta “yuk” yang bermakna “enam”, yang tunjukkan jumlah pulau didalam gugusan. Nama pulau-pulau itu yaitu Usakdo Island, Surido Island, Gonggotdo Island, Guldo Island, serta Deungdaedo Island. Keseluruhnya pulau cuma tersusun atas bebatuan serta tak berpenghuni, terkecuali Deungdaedo Island, lantaran di pulau ini ada satu mercusuar.

You Might Also Like